Seringkali karena tugas dan pekerjaan yang menumpuk, seseorang lalai untuk memperhatikan kesehatan sendiri. Mulai dari golongan remaja sampai dewasa pun cenderung nekat beraktivitas dan tidak memperhatikan kondisi tubuh, misalnya saja makan. Hayo... siapa yang setiap pagi jarang sarapan? Sarapan itu sangat penting bagi tubuh karena itu merupakan sumber tenaga yang paling dibutuhkan oleh tubuh, apalagi untuk kalangan anak muda yang sering melupakan sarapan dengan alasan hampir terlambat ke sekolah. Sebenarnya itu buruk, kalian tahu mengapa? Karena selain kita tidak punya tenaga, nutrisi dalam tubuh pun juga cepat terkuras dan akibatnya juga bisa saja menghambat daya otak. Otak kan juga butuh makan... kalaupun kalian sudah sarapan, apa sudah yakin nih kalau makanan itu sudah mengandung cukup nutrisi seperti 4 sehat 5 sempurna? 

Yah... Kesehatan itu memang betul-betul harus dijaga. Nggak cuma sarapan doank sih sebetulnya, tapi kan harus dimulai dari yang sederhana dulu. Kan juga nggak etis kalau yang sederhana aja belum berhasil tapi udah buru-buru mau ke yang rumit, bisa-bisa salah persepsi nanti. Hehehe. Yuk, kita langsung bahas soal cara untuk hidup sehat.

Cara untuk hidup sehat itu banyak sekali loh, kawan... nggak hanya satu atau dua saja. Nah, untuk itu kita akan bahas cara hidup sehat start dari sini... yuk, check it out!

(1)   Udara bersih untuk paru-paru
Siapa yang belum ngerti hayo... siapa...??? Yang jelas semuanya udah ngerti kan? Kalau pun ada yang belum mengerti, ayo kita bahas sama-sama.
*Loh, paru-paru juga perlu dirawat?*
Ya iyalah perlu, masa sih mau sehat tapi kok sehatnya gak keseluruhan? Nanti bukannya tambah sehat malah sakit lagi. Paru-paru itu penting untuk kita bernapas, dan udara yang kita hirup pun harus yang bersih dan sehat yang tentu saja terbebas dari virus-virus yang menyebabkan gangguan penapasan. Untuk itu, cara yang kita ambil tidak perlu yang terlalu susah. Kalau pagi usahakan untuk jalan santai untuk menghirup udara segar tadi, lalu hindari juga rokok. Bagi perokok, usahakan untuk berhenti merokok sedikit demi sedikit demi kesehatan kalian juga. Bersihkan rumah agar tidak berdebu. Untuk rumah yang memakai AC usahakan untuk tidak memakai AC pada pagi hari dan cukup menggunakan AC alami yakni udara pagi yang  masih segar kemudian apabila tidak diperlukan, sebaiknya matikan AC karena selain untuk kesehatan tubuh sendiri, ozon pun juga harus ikut dirawat agar bumi tercinta ini tidak rusak.

(2)   Air Putih untuk fungsi Ginjal
Minuman ini adalah minuman yang paling baik untuk tubuh kita, yang tentu saja tanpa bahan tambahan alias hanya air mineral saja. Hehehe. 

So, biasakanlah untuk minum air putih 1 liter atau 8-10 gelas sehari. Eitz, bukan berarti sekali teguk 8 gelas... tapi maksudnya itu total air putih yang diminum dalam sehari itu 8 gelas. Paham kan? Yuk, kita praktek mulai sekarang. Ini juga demi ginjal loh... kalau kebanyakan minum minuman yang mengandung bahan kimia dapat menyebabkan gagal ginjal. Oh ya, selain itu perlu kalian ketahui bahwa minum tidak boleh sambil berdiri. Kalian tahu kenapa? Selain karena tidak sopan, hal ini juga dapat menyebabkan rusaknya ginjal karena air yang diminum sambil berdiri tidak akan disaring oleh jaringan khusus namanya sfringer yakni suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup sehingga air itu akan langsung masuk tanpa disaring dan dapat mengakibatkan kristal ginjal.

(3)   Konsumsi menu bergizi
Hehehe, ini nih yang tadi kita bicarakan di awal. Pasti semua sudah tahu kan menu bergizi itu apa saja? Yups, menu bergizi itu yang pasti harus mengandung 4 sehat 5 sempurna, meski kalau nggak sempurna juga nggak apa-apa sih sebetulnya. Hmm... kalau gitu sudah dipraktekkan belum menunya? Kalau belum, harus dipraktekkan di kehidupan sehari-hari loh ya...  dan, kurangi juga makanan cepat saji seperti burger, hotdog dan apapun itu karena makanan cepat saji banyak mengandung bahan tambahan seperti penyedap rasa sehingga membuat kita ingin tambah, tambah, dan tambah. Yang jelas, makanan itu gizinya masih kalah. Bukannya melarang sih, tapi sebaiknya agak dikurangi ya... Selain itu, bila perlu kalian juga bisa minum suplemen bergizi yang mengandung vitamin yang baik bagi tubuh. Tapi disini dianjurkan bahwa suplemen dikonsumsi sebagai makanan alternatif saja sehingga tidak dikonsumsi setiap hari atau setiap waktu.

(4)   Keseimbangan aktivitas
Ehem... bagi yang pekerja keras, jangan terlalu banyak kerja ya... aktivitas harus seimbang, jangan lupa olahraga dan istirahat yang cukup. Terutama kalau malam jangan sampai mirip burung hantu yang kerjaannya tidur pas siang dan kerja di waktu malam. Hohoho. Kalau malam tidurnya juga jangan terlalu larut, hmm... kira-kira 7-8 jam, jangan lebih dan jangan kurang. Oce? 

Oh ya, kalau sedang waktu senggang seperti itu sebaiknya lakukan olahraga ringan untuk melemaskan persendian agar tidak kaku. Contohnya angkat kaki, atau bahkan senam terutama senam ketika pagi. Kalian juga bisa melakukan lompat tali, selain agar sehat juga bisa nambah tinggi. Hihihi.

(5)   Hidup harmonis
Dalam kehidupan ini, manusia juga perlu mempertimbangkan tentang kwalitas hidup yang harmonis. Karena disini orang yang tidak memiliki kehidupan yang harmonis akan cenderung berbelok ke arah yang tidak baik misalnya minum-minuman keras, dan mengkonsumsi narkoba. Dalam kondisi ini jelas saja bahwa kemungkinan juga ada kaitannya dengan gangguan mental seperti stres karena terlalu banyak pemikiran. Sedangkan stres itu sendiri dapat membuat seseorang menjadi berperilaku tidak baik, juga dapat mengancam jiwa. Contohnya apabila stres terus dipendam bisa menimbulkan penyakit jantung.

Nah, semua... itulah beberapa dari sekian banyak hal yang dapat kita lakukan untuk meniti hidup indah yang sehat. So, kalau tubuh bisa sehat dan terhindar dari segala penyakit, kenapa tidak? Ayo... Upayakan hidup yang sehat yang akan jadi awal masa depan yang sehat pula. Hehehe.


Terimakasih kepada, pemilik situs :
karena beberapa topik diambil dari situs tersebut.

Jogging saat pagi


Makan makanan bergizi


Keharmonisan keluarga






Comments (0)