Seringkali kita mencari sesuatu tanpa menyadari tujuan pada hakikatnya. Bahkan hal yang sederhana namun cenderung wajib akan membuat kita melakukannya namun tanpa tujuan yang jelas dari dalam diri. Sehingga, seakan-akan kita melakukannya bukan karena murni dari dalam diri namun karena "inilah kewajiban dan rutinitas yang harus aku lakukan". Kita selalu membutuhkan, mencari, mendapat, dan melakukan sesuatu, tapi lagi-lagi ketika ditanya "Untuk apa?" , "Apa yang ingin kau lakukan?" atau "Apa tujuanmu?" maka seringkali kita akan terdiam dan memikirkannya dalam-dalam hingga munculah berbagai kebingungan dalam diri sendiri. 

"Hmm... Apa cita-cita dan tujuan itu berbeda? Padahal jika kita memikirkannya, saya pikir sama...?!"

Tidak, Mereka tidak sama meski pada dasarnya terlihat seperti itu. Tujuan mungkin hampir sama seperti cita-cita. Tapi disini saya memiliki pendapat lain, Cita-Cita itu seperti ambisi sedangkan Tujuan seperti obsesi. (Ya, meskipun diantara cita-cita maupun tujuan selalu memiliki Ambisi dan tekad tersendiri). Sehingga disini, CITA-CITA didasarkan pada sebuah harapan juga impian dan tentu saja melalui tekad (kalau tanpa tekad sih, sampai kapan pun takkan berhasil) pendek kata merupakan keinginan yang ingin didapat. Sedangkan TUJUAN adalah simbol dari kainginan untuk berjuang yang bersifat spontan dan selalu melekat pada setiap hal yang kita lakukan MESKI kita sering tidak menyadarinya, pendek kata tujuan adalah suatu alasan yang mendasari perbuatan. See...? Everything is Different, Its up to "How you to look for it". Cobalah kalian pikirkan sejenak, cita-cita memang memiliki tujuan... tapi apakah tujuan itu selalu berbentuk cita-cita? Tidak, bukan? Maka dari itu, Cita-cita adalah sebuah Tujuan tapi Tujuan tidak selalu harus sebuah Cita-cita.

Nah, ngomong-ngomong soal tujuan... Kira-kira jika saya bertanya "Apa tujuan Anda dalam hidup ini?" pasti disini kalian akan berpikir sejenak dan mempertanyakan pada diri sendiri. Pasti dari situ akan muncul banyak sekali jawaban yang berbeda, tidak hanya satu ataupun dua saja. Atau, kalian secara spontan akan mengatakan "Entahlah", "Mungkin tidak ada", "Belum Kepikiran tuh". Hehehe, So? Am I right?

Let's think... Tuhan memberi kita sebuah karunia yang begitu besar, yakni kehidupan. Tuhan juga memberi kita senjata yang begitu dahsyat, yakni Akal Pikiran. Dan senjata itu dapat kita gunakan untuk pertahanan maupun perlawanan melalui sebuah pemikiran dan strategi. Diantara itu semua, pasti ada tujuan-tujuan tertentu meskipun hanya satu. Sehingga bila dipikir, jika ada orang yang berkata "Aku tidak memiliki tujuan dalam hidup ini." Maka kalimat itu perlu dipertanyakan maknanya. Karena jika ia merasa tidak memiliki tujuan, lalu mengapa ia mati-matian berjuang demi kelangsungan hidupnya? Hmm... aneh bukan? Jadi disini kalian itu seperti orang yang mengatakan "Aku tidak ingin mengecewakan orang lain" tapi lewat kata-kata itu kalian justru mengecewakan mereka. Hmm... contoh sederhananya begini... Kalian makan, minum, tidur dan sebagainya, tapi tentu saja kalian tidak melakukannya hanya karena sekedar ingin bukan? pasti ada tujuannya. Yakni seperti, saya makan untuk menambah energi, minum karena dehidrasi dan sebagainya. Dari sini kita bisa menarik kesimpulan bahwa Hidup itu bukan untuk menuntun tujuan, tapi tujuanmu lah yang akan menuntunmu menuju hidup yang lebih baik. Mengerti? Jadi, jangan mudah kehilangan tujuan donk ya... Find the right thing for yourself. Anyway, sedikit saran, masukan dan sekedar mengingatkan, bahwa kita harus senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan karena tidak semua hal itu untuk dunia namun juga untuk hari akhir kita kelak. So, keep doing the right thing okay?

Bagaimanakah tujuan anda?

salah satu tujuan adalah untuk menggapai sukses

Kita harus memiliki tujuan yang baik

Comments (1)

On 27 November 2020 pukul 15.50 , Miliana mengatakan...

bagus banget updatean nya kak

plastik sosis